Kolam minimalis - tukang taman surabaya

Keterbatasan lahan acapkali jadi pertimbangan untuk Kamu buat tidak membangun kolam ikan di rumah, paling utama bila tinggal di wilayah perkotaan. Tetapi kolam ikan dengan style kolam minimalis bisa jadi solusinya, sebab penuhi segi estetika yang di idamkan dengan dampak gemericik air serta ikan kecil yang membagikan dampak relaksasi seusai bekerja.

Kolam minimalis
Images: Rumah123.com


Mengerti kah Kamu, perihal ini bisa jadi sebab kolam ikan minimalis tidak butuh menyita segala luas taman ataupun pekarangan Kamu.

Banyak khasiat yang dirasa dengan membuat kolam ikan minimalis, antara lain: menjadikan rumah jauh lebih indah. Terlebih bila rumah Kamu dipadati dengan rerimbunan tumbuhan serta halaman. Ini hendak mencipta atmosfer fresh serta indah untuk penghuninya. Disamping ikut membagikan rasa sejuk serta damai, mempunyai kolam ikan di rumah diyakini sanggup bawa keberuntungan untuk penghuninya.

Jadi jangan ragu buat membuat kolam ikan di rumah. Langkah- langkah berikut bisa jadi panduan dikala hendak membuat kolam ikan minimalis, ialah:

Desain Kolam

Kolam dan air mancur


Bagaikan bahan rujukan buat membuat desain kolam, Kamu dapat mencarinya di Internet, majalah ataupun buku- buku panduan. Sesuaikan desain dengan luas rumah serta lebar pekarangan yang dipunyai. Jangan hingga memaksakan diri demi membuat kolam cocok ekspetasi. Berikutnya selaraskan desain kolam minimalis dengan tema rumah. Buat hunian jenis minimalis, terasa lebih sesuai apabila desain kolam berupa segi 4 ataupun persegi panjang. Desain melingkar ataupun meliuk bisa jadi alternatif berikutnya, apabila masih terdapat kelebihan luas lahan. Kamu pula dapat berimprovisasi serta berkreasi sendiri buat mencipta kolam minimalis cocok ekspetasi.

Dimensi Kolam

Gambarlah desain yang di idamkan, setelah itu wujudkan. Saat sebelum itu tentukan dimensi kolam yang mau terbuat. Cocok namanya, umumnya kolam ikan minimalis tidak memerlukan dimensi yang sangat besar. Misalnya dengan dimensi kurang lebih 2x1/ 2 m, Kamu telah dapat memperoleh kolam menawan dengan air mancur simpel di tengah- tengah, serta pula halaman minimalis di pinggiran yang dihias batu alam sehingga terlihat alami. Faktor berarti dalam pengukuran kolam yang lain merupakan posisi penempatan kolam. Hendaknya terbuat strategis supaya dapat dinikmati segala anggota rumah serta tidak mengusik kegiatan keseharian.

Contohnya lagi, dimensi taman rumah Kamu memanjang. Hingga kolam ikan yang hendak Kamu buat bisa turut memanjang. Ataupun taman depan rumah Kamu sangat kecil, Kamu tidak butuh memaksakan buat buatnya di taman depan cuma supaya dilihat banyak orang. Kamu dapat buatnya di taman samping ataupun balik rumah, bila posisi ataupun dimensi luas lahan jauh lebih mencukupi. Prinsipnya merupakan sederhana serta menawan hendak membuat hunian lebih menarik.

Material Kolam

Buat mewujudkan kolam yang indah tidak melulu diperlukan bayaran yang besar, lumayan sesuaikan dengan budget yang dipunyai. Kendati begitu, berarti buat memilah material yang bagus. Material kolam yang baik hendak menjadikan kolam kuat serta tahan lama, walaupun wajib merogoh kocek sedikit mahal. Bahan yang murah cuma hendak menjadikannya indah di dini sisanya malah memerlukan perawatan yang besar. Bagaikan bagian dari improvisasi, Kamu dapat meningkatkan komponen lain dalam kolam, semacam halaman mini di pinggir kolam, batu- batu alam, serta ataupun patung- patung air yang membuat kolam terlihat hidup serta tidak monoton.

Isi Kolam

Buat tipe kolam ikan minimalis, hendaknya Kamu memilah mengisinya dengan tipe ikan kecil serta mungil, semacam ikan Koi, ikan mas, dll. Ikan koi diyakini bawa keberuntungan untuk pemiliknya. Perawatan ikan tipe ini pula sangat gampang, lumayan mengubah air secara berkala. Yang terutama merupakan memilah tipe ikan yang gampang dirawat serta tidak membutuhkan perawatan spesial. Kamu pula dapat meningkatkan tumbuhan air mungil dipinggiran kolam serta ataupun yang lain yang gampang dirawat.

Ornamen- ornamen yang lain buat mengisi serta merias kolam dapat Kamu pikirkan serta sesuaikan dengan selera serta kemauan. Kolam ikan minimalis dapat terbuat bukan cuma di luar ruang, tetapi pula di dalam ruangan. Tetapi supaya keelokan serta kesan alami didapatkan, hendaknya buatnya di taman/ pekarangan rumah Kamu.

Pertimbangan dikala membangun kolam ikan minimalis

Sebagian perihal berikut bisa jadi pertimbangan Kamu, dikala membangun kolam ikan minimalis, supaya segala elemen bisa berperan selaras serta indah, antara lain:

Tata letak kolam.

Usai memastikan letak kolam yang hendak dibentuk, pertimbangkan keseriusan sinar matahari yang menerpa ke zona kolam. Paparan cahaya matahari yang kelewatan hendak membuat air kolam rentan ditumbuhi lumut serta alga yang berakibat pada keadaan kolam yang kilat kotor.

Tanpa mengabaikan aspek estetika, memilih letak kolam yang teduh yang hendak membuat ikan peliharaan Kamu tumbuh biak dengan baik.

Volume Air.

Penempatan ikan dalam jumlah yang kelewatan serta tidak sebanding dengan ketersediaan volume air cuma hendak membuat hewan peliharaan Kamu mati lama- lama, sebab kekurangan oksigen. Volume air yang tidak cocok pula rentan membuat air kolam jadi keruh.

Konsumsi Oksigen. Ketersediaan oksigen yang melimpah dalam air kolam merupakan salah satu karakteristik kolam yang baik. Oleh sebab itu hendaknya air terbuat mengalir serta bergerak. Triknya dengan memakai pompa rendam yang berperan menghirup serta mendesak sekalian memutarkan air melewati system filter. Tidak hanya itu oksigen pula dapat dihasilkan dengan menempatkan aerator di dasar kolam yang berperan menciptakan gelembung- gelembung hawa yang baik buat ikan peliharaan Kamu.

Kedalaman Kolam. Aspek ini biasanya didetetapkan dari tipe ikan peliharaan yang hendak mengisi kolam. Bagaikan contoh apabila hendak menyimpan ikan koi hingga diperlukan kedalaman kolam minimum 80 centimeter. Ini diakibatkan ikan koi bergerak serta berbalik vertikal, ialah ke atas serta ke dasar.

Pisahkan tumbuhan air.

Buat melindungi mutu air dalam kolam sekalian mempermudah perawatan, hendaknya pisahkan tumbuhan air yang dipunyai dengan keberadaan ikan di kolam. Tetapi andaikan Kamu memelihara tipe ikan mas yang cenderung menempatkan telurnya di sela- sela dedaunan tumbuhan air, hingga solusinya tempatkan tumbuhan hias air yang segala bagian tanamannya terbenam misalnya Hidrylla, dalam satu wadah serta diletakkan pada salah satu sisi kolam.

Teknis membangun Kolam Ikan Minimalis

Usai menguasai langkah- langkah serta sebagian pertimbangan diatas, saatnya melaksanakan persiapkan buat membangun kolam ikan minimalis selaras dengan desain yang Kamu rancang, ialah:

1. Persiapkan material serta perlengkapan yang diperlukan. Sebagian perlengkapan yang diperlukan umumnya berbentuk cangkul, sekop, meteran, serta yang lain. Sedangkan material yang diperlukan berbentuk semen, pasir, batu bata, cat serta sebagian perlengkapan penunjang yang lain. Bisa jadi pula Kamu hendak memerlukan bor ataupun mesin pemotong keramik buat memotong.

2. Buatlah galian dengan kedalaman cocok desain yang terbuat. Usai galian tercipta, pasang tatanan batu bata dengan pasir serta semen yang sudah dicampurkan. Usahakan supaya adonan semen tercampur menyeluruh, supaya tidak terjalin kebocoran pada bilik kolam di setelah itu hari. Ataupun buat mengantisipasinya, Kamu dapat memakai pelapis spesial waterproof pada bilik kolam ikan


3. Bagaikan salah satu aternatif, Kamu dapat memakai keramik mozaik pada bagian bilik serta dasar kolam. Tetapi untuk Kamu yang tidak memakai keramik, hendak lebih baik menyelimuti cat bilik bagian kolam dengan corak putih, sebab terkesan netral serta menolong membuat cantik tampilan kolam.


4. Perhatikan dengan perinci pembuatan saluran masuknya air dalam kolam. Hendaknya pembuatan saluran air memakai pipa yang dihubungkan langsung dengan keran pengisi air ataupun pompa air listrik, buat mempermudah penggantian air secara berkala.


5. Pasanglah filter air pada kolam. Pakai system pompa mekanik supaya bisa terbuat dengan lebih kilat serta gampang. Filter air berperan buat membuat keadaan air dalam kolam senantiasa bersih, sehingga pasokan oksigen lumayan dalam kolam. Buat mengoptimalkan kerja filter air, hendaknya pakai filter air yang cocok dengan dimensi kolam. Filter air buat kolam ikan dapat Kamu miliki di toko- toko terdekat yang menjual bahan material kolam ataupun di supermarket besar.


6. Bagaikan ornamen bonus buat membuat cantik tampilan kolam, Kamu dapat meningkatkan hiasan lampu- lampu bagaikan penerangan di dekat kolam. Hiasan lampu temaram dipastikan hendak membuat penampilan kolam terus menjadi hidup serta menarik paling utama di malam hari.

​- Bayaran Membangun Kolam Ikan minimalis

Bayaran yang diperlukan buat membangun suatu kolam ikan minimalis sangat bermacam- macam bergantung dari luas kolam, material yang digunakan hingga dengan pemasangan instalasi filter serta lampu kolam. Bayaran dapat dihitung secara satuan( diluar bayaran mesin pompa serta filter) ataupun borongan( tercantum bayaran mesin pompa serta filter, hingga dengan pemasangan instalasi). Ada pula ditaksir harga pembuatan kolam ikan minimalis per m mulai dari Rp400. 000 hingga dengan Rp1. 000. 000.

Yang terutama merupakan perawatan teratur buat melindungi serta mensterilkan kolam. Salah satunya dengan mensterilkan air kolam secara berkala. Bilas pula lumut serta kotoran yang melekat di sekitaran bilik kolam, yang membuat air kolam jadi keruh. Sebab air yang keruh hendak pengaruhi kesehatan ikan peliharaan Kamu.

Bila kamu masih kesusahan buat memperoleh inspirasi membangun kolam ikan di halaman kamu, Kamu dapat memandang bermacam ilham fresh dari arsitek lanskap kami.

Kolam ikan mini

Memiliki lahan terbuka yang terbatas, Kamu dapat membuat cantik tampilan rumah Kamu dengan membuat kolam minimalis berdimensi mungil, serta pastinya dengan bahan simpel. Penasaran?

Perlengkapan serta bahan yang diperlukan:

- Sekop.

- Cangkul.

- Potongan papan kayu.

- Liner.

- Perlengkapan buat mengukur kerataan tanah( perlengkapan spirit tingkat).

- Batu bata serta batu alam.

- Semen serta air beserta adukannya.

- Riasan kolam ikan cocok selera Kamu.

Metode membuat:

1. Buat sketsa desainnya di kertas. Sehabis itu, buat desain tersebut pada bidang lahan dengan memakai tali kasur serta paku.

2. Cangkul tanah yang sudah diisyarati memakai paku serta tali kasur, sampai kedalaman yang di idamkan.

3. Atur pinggirannya dengan sekop kecil.

4. Kemudian ukur kerataan tanah dengan mengambil papan kayu serta perlengkapan spirit tingkat, buat mengukur kerataan zona dalam serta atas tanah yang sudah dicangkul.

5. Ratakan tanah dengan sekop.

6. Memakai liner, ratakan zona tanah yang sudah dicangkul sehingga bisa tertutupi sempurna.

7. Pakai batu bata buat membuat pembatas tepian atas kolam.

8. Sehabis liner melekat dengan baik, coba isi kolam dengan separuh air dahulu, buat memandang cekungan ataupun wujud kolam yang telah Kamu buat.

9. Bila telah puas dengan wujud kolam, atur tanah yang sudah diuruk tadi.

10. Kemudian ratakan permukaam tanah dengan metode diinjak ataupun mengenakan sapu lidi.

11. Perkuat kolam dengan semen serta isi bagian sela- sela batu bata yang kosong dengan memakai semen. Perkenankan mengering 3- 4 jam.

12. Bila kolam telah kering sempurna, Kamu dapat mendekorasinya dengan bermacam tumbuhan ataupun hiasan cocok selera Kamu.

Betul sekali, apalagi Kamu pula dapat membuat kolam ikan mungil dari bermacam barang yang tidak terpakai loh, yang sesuai sekali bila ditempatkan serta menghiasi halaman kecil buat lahan terbatas. Berikut ini inspirasinya:

1. Pot tembikar ataupun pot semen.

Kamu dapat menggunakan pot ini buat dijadikan kolam ikan mini di rumah.

2. Kolam pot batu.

Kamu dapat memilah batu alam buat tampilan yang eksotis.

3. Kolam pot keramik.

Sebab wujudnya mungil, Kamu dapat menaruhnya ataupun menempatkannya di mana saja, dapat di dalam ruangan ataupun luar ruangan.

4. Kolam pot guci.

Tempat semacam ini hendak nampak menawan bila Kamu hiasi dengan tumbuhan air teratai di atasnya.

5. Kolam air mancur terakota

Lumayan tata pot- pot sedemikian rupa, kemudian tempelkan memakai lem luar biasa. Buat buat membuat air mancur, coba buat dengan sistem simpel memakai selang air dari karet.

Tipe ikan yang sesuai buat kolam ikan kecil minimalis

Nyatanya ikan- ikan hias air tawar berdimensi mungil, sangat sesuai menempati kolam ikan kecil Kamu, loh. Berikut sebagian tipe ikan hias tersebut:

1. Ikan Molly serta Swordtail.

2. Ikan Guppy.

3. Ikan Red Phantom.

4. Ikan Neon.

5. Ikan Lemon.

6. Ikan Cupang.


Google Rating : ⭐⭐⭐⭐⭐ Profesional kontraktor taman kolam dan tebing terpercaya rekomendasi google

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel